ALAT PENILAIAN
KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN
TERPADU
1. NAMA
GURU/MAHASISWA :
2. N
I M :
3. TEMPAT
MENGAJAR :
4. KELAS/SEMESTER :
5. MATA
PELAJARAN :
6. TEMA :
7. WAKTU :
8. TANGGAL :
|
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
1. …………………………………………………
2. …………………………………………………
3. …………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
|
1. Menentukan tema, bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||
1.1 Kesesuaian tema penghubung dengan kom-petensi
dasar 4 mata pelajaran
|
||||||||||
1.2 Menggunakan bahan pembelajaran yang se-suai
dengan Standari Isi dan Kompetensi
|
||||||||||
1.3 Merumuskan
tujuan/indikator
|
||||||||||
Rata-rata butir 1 =
A
|
||||||||||
2. Mengembangkan & mengorganisasikan ma-teri,
media pembelajaran, dan sumber bela-jar
|
||||||||||
2.1 Kesesuaian tema penghubung dengan kom-petensi
dasar 4 mata pelajaran
|
||||||||||
2.2 Menentukan dan mengembangkan alat ban-tu/
media pembelajaran
|
||||||||||
2.3 Memilih
sumber belajar
|
||||||||||
Rata-rata butir 2 =
B
|
||||||||||
3. Merencanakan
skenario kegiatan pembela-jaran terpadu
|
||||||||||
3.1 Menentukan
jenis kegiatan pembelajaran terpadu.
|
||||||||||
3.2 Menyusun
langkah-langkah pembelajaran terpadu.
|
||||||||||
3.3 Menentukan
alokasi waktu pembelajaran terpadu
|
||||||||||
3.4 Menentukan
cara-cara memotivasi siswa.
|
||||||||||
Rata-rata butir 3 =
C
|
||||||||||
4. Merancang
pengelolaan kelas
|
||||||||||
Menentukan cara-cara
pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran terpadu
|
||||||||||
Rata-rata butir 4 =
D
|
||||||||||
5. Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiap-kan alat penilaian
|
||||||||||
5.1 Menentukan
prosedur dan jenis penilaian
|
||||||||||
5.2 Membuat
alat-alat penilaian dan kunci ja-waban
|
||||||||||
Rata-rata butir 5 =
E
|
6. Tampilan
dokumen rencana pembelajaran terpadu
|
||||||||||
6.1 Kebersihan
dan kerapian
|
||||||||||
6.2 Pengunaan
bahasa tulis
|
||||||||||
Rata-rata butir 6 =
F
|
||||||||||
7. Tampilan
Lembar Peta Jaring-jaring
|
||||||||||
Kreativitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik
|
||||||||||
Rata-rata butir 7 =
G
|
Nilai APKG 1 = R
R =
R = Rata-rata Butir
|
|
………………..,20……………….
(Kepala
Sekolah/Teman Sejawat/Tutor)
_____________________________
NIP.
|
ALAT PENILAIAN
KEMAMPUAN GURU (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN
TERPADU
1. NAMA
GURU/MAHASISWA :
2. N
I M :
3. ALAMAT
SEKOLAH :
4. KELAS/SEMESTER :
5. TEMA :
6. MATA
PELAJARAN :
7. TANGGAL :
8. KELOMPOK
BELAJAR :
9. UPBJJ-UT :
|
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
1. …………………………………………………
2. …………………………………………………
3. …………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
|
1. Melakukan
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||
a.
Melaksanakan tugas rutin kelas.
|
||||||||||
b.
Memulai kegiatan pembelajaran.
|
||||||||||
c.
Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator,
siswa, situasi, dan lingkungan.
|
||||||||||
d.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
secara individual, kelompok, dan klasikal.
|
||||||||||
e.
Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan,
siswa, situasi, dan lingkungan.
|
||||||||||
f.
Menggunakan media belajar yang sesuai de-ngan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.
|
||||||||||
g.
Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien.
|
||||||||||
h.
Mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
||||||||||
Rata-rata butir 1 =
P
|
||||||||||
2. Mengelola
interaksi kelas
|
||||||||||
a.
Menunjukkan perhatian serta sikap bersaha-bat, terbuka,
dan penuh pengertian kepada siswa.
|
||||||||||
b.
Memicu dan memelihara
keterlibatan siswa.
|
||||||||||
c.
Melakukan komunikasi secara efektif.
|
||||||||||
Rata-rata butir 2 =
Q
|
||||||||||
3. Mendemonstrasikan
kemampuan khusus untuk dalam pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu secara bersamaan
(isi yang sesuai dengan RP Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)
|
||||||||||
a.
Bahasa Indonesia
|
||||||||||
1)
Mendemonstrasikan penguasaan materi Bahasa Indonesia.
|
||||||||||
2)
Memberikan latihan keterampilan
berbahasa.
|
||||||||||
3)
Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan
bernalar.
|
||||||||||
Rata-rata butir 3a
= R
|
||||||||||
b.
Matematika
|
||||||||||
1)
Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan
manipulatif
|
||||||||||
2)
Menguasai simbol-simbol matematika.
|
||||||||||
3)
Memberikan latihan pengunaan konsep matematika dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||||||||||
Rata-rata butir 3b
= R
|
||||||||||
c.
IPA
|
||||||||||
1)
Mendemonstrasikan pembelajaran IPA mela-lui
pengalaman langsung.
|
||||||||||
2)
Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman
langsung.
|
||||||||||
3)
Menampilkan penguasaan IPA.
|
||||||||||
Rata-rata butir 3c
= R
|
||||||||||
d.
IPS
|
||||||||||
1)
Mengembangkan pemahaman konsep waktu.
|
||||||||||
2)
Mengembangkan pemahaman konsep ruang.
|
||||||||||
3)
Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity).
|
||||||||||
Rata-rata butir 3d
= R
|
||||||||||
e.
PKn
|
||||||||||
1)
Ketepatan menggunakan
istilah-istilah khusus
|
||||||||||
2)
Penguasaan materi
Pendidikan Kewargane-garaan
|
||||||||||
3)
Menerapkan konsep
Pendidikan Kewargane-garaan dalam kehidupan sehari-hari.
|
||||||||||
Rata-rata butir 3e
= R
|
||||||||||
4. Melaksanakan
penilaian proses dan hasil belajar
|
||||||||||
a.
Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran.
|
||||||||||
b.
Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir
pembelajaran.
|
||||||||||
Rata-rata butir 4 =
S
|
||||||||||
5. Kesan
umum pelaksanaan pembelajaran
|
||||||||||
a.
Peka terhadap kemampuan berbahasa.
|
||||||||||
b.
Penampilan guru dalam pembelajaran.
|
||||||||||
c.
Keefektifan pembelajaran terpadu.
|
||||||||||
Rata-rata butir 5 =
T
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar